SEJARAH

Sejarah Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam

Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) didirikan pada tanggal 27 Rajab 1397 H bertepatan dengan tanggal 14 Juli 1977 M sebagai sambutan ummat Islam setempat terhadap rencana Pemerintah Republik Indonesia untuk menjadikan Pulau Batam sebagai Pusat Pengembangan Industri, Perdagangan dan Pariwisata. Sejak itu YAPIS telah mengayunkan langkah demi langkah sesuai dengan kemampuan dan kepercayaan masyarakat yang diamanatkan kepadanya untuk mendirikan dan membina sekolah – sekolah dari tingkat yang paling rendah sampai ke tingkat perguruan tinggi, dalam segala bentuk dan Program Studi secara bertahap.

Sampai pada tahun 1992, Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) telah memiliki dan mengasuh Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan status Diakui oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, maka dimulailah memikirkan untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE ) yang dipadang sangat sesuai dengan situasi dan kondisi Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) maupun dalam memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pembangunan Pulau Batam dan sekitarnya.

Pada tanggal 6 Mei 1993 diadakan rapat koordinasi Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) untuk membahas tentang rencana pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ibnu Sina yang menghasilkan kesepakatan untuk segera mewujudkan rencana tersebut. Maka pada tanggal 18 Zulqaidah 1413 H bertepatan dengan tanggal 10 Mei 1993 M dengan Surat Keputusan Nomor : 47/KPTS/YAPIS/V/1993 Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) menetapkannya sebagai hari berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ibnu Sina Batam.

Pada tanggal 17 Desember 1998 dengan Surat Keputusan Nomor 03/XII/K/1998 tentang Izin Operasional Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Sina Batam. Kurang lebih dua tahun kemudian Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Sina Batam memperoleh status terdaftar program sarjana (S.1) untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam, tepatnya tanggal 16 Mei 2001 dengan nomor surat 06/K/2001. Maka Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) menetapkannya sebagai hari berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Sina Batam pada tanggal 17 Desember 1998.

Pada bulan Juni 1999 Ir. Zainal melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam (H.Andi Ibrahim, BA) membicarakan rencana pendirian Sekolah Tinggi Tehnik (STT) Ibnu Sina Batam. Kurang lebih satu tahun kemudian tepatnya pada tanggal 31 Agustus 2000 M bertepatan dengan tanggal 01 Jumadil Akhir 1421 H. diajukanlah proposal pendirian Sekolah Tinggi Tehnik (STT)  Ibnu Sina Batam kepada Direktur Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI) melalui Koordinator KOPERTIS Wilayah X. Satu tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 September 2001 Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam diberi Izin untuk menyelenggarakan program studi dan mendirikan Sekolah Tinggi Tehnik Ibnu Sina Batam dengan surat bernomor: 204/D/O/2001 Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) menetapkannya sebagai hari berdirinya Sekolah Tinggi Tehnik (STT) Ibnu Sina Batam.

Seiring dengan UU No. 22 tahun 1999/UU No,32 tahun 2004 tentang Pemerintahan daerah dan UU No. 25 Tahun 1999/UU No. 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah maka kondisi ini akan menuntut penyediaan tenaga berkemampuan akademik dan trampil dalam menetapkan dan serta menerapkan kebijakan dibidang Kesehatan.  Pendekatan yang bersifat promotif, preventif dan kuratif dan rehabilitatif tentunya memerlukan manajemen dan kebijakan yang tepat, sehingga untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas.

Menyadari Kebutuhan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang Kesehatan sebagai upaya Kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan masyarakat Indonesia tersebut, maka Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam, ikut bertanggung jawab untuk mengemban tugas dalam mempersiapkan tenaga akademik dan manajerial dalam Bidang Ilmu Kesehatan Kesehatan Lingkungan dan Ilmu Kesehatan dan Keselamatan Kerja, STIKes Ibnu Sina Batam didirikan sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab terhadap pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

 

Profil STIKes Ibnu Sina Batam

Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Ibnu Sina Batam diawali dengan pertemuan  pada tanggal  22 Desember 2006, antara Bahzomi Fuadi, Alumni STIE Ibnu Sina Angkatan I/1993 dengan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (H. Andi Ibrahim, BA), dalam pertemuan tersebut  dibahas Rencana kerja dan Proposal tentang Studi Kelayakan serta Pra Syarat Pendirian STIKES, dan pertemuan tersebut ditindaklanjuti  pada tanggal 6 Januari 2007, Pada waktu itu Ketua Umum Yayayasan Pendidikan Ibnu Sina memberikan surat Perintah Kerja Nomor : 25-01/YAPIS/I/2007 dan Surat mandat Nomor : 26-01/MDT/YAPIS/I/2007 kepada Sdr. Bahzomi Fuadi,  sebagai legalitas dasar realisasi rencana pelaksanaan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Ibnu Sina Batam. Kemudian pada tanggal 10 Januari 2007 bertepatan tanggal 20 Dzulhijjah 1427-H, Ketua umum Yayasan Pendidikan Ibnu Sina menandatangani Proposal dan surat-surat yang diperlukan untuk disampaikan kepada Instansi terkait sebagai dasar untuk meminta rekomendasi Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Ibnu Sina Batam.

Setelah melakukan konsultasi dengan Kopertis Wilayah X di Padang dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau  serta hasil pengumpulan data penunjang yang diperlukan maka pada tanggal 10 Pebruari 2007 telah ditetapkan Statuta STIKes Ibnu Sina Batam, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan izin Penyelenggaraan Program-program studi dan Izin Pendirian STIKes Ibnu Sina Batam pada Departemen Pendidikan Nasional R.I c/a. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Statuta merupakan Pedoman Dasar Penyelenggaraan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan program, penyelenggaraan kegiatan fungsional, sesuai dengan tujuan STIKes Ibnu Sina Batam, dan berisi dasar-dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan, peraturan umum, peraturan akademik dan prosedur Operasional. Atas dasar itulah dicatat hari berdirinya STIKes Ibnu Sina Batam,  pada hari Sabtu tanggal 10 Februari 2007 bertepatan dengan tanggal  22 Muharram 1428 H.

STIKes Ibnu Sina Batam diresmikan pada tanggal 19 Juni 2008, oleh Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Dr. Ir. H. Novirman Jamarun M.Sc. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 71/D/O/2008 tanggal 18 April 2008. STIKes Ibnu Sina Batam dalam kapasitasnya sebagai lembaga pendidikan didirikan sebagai bukti kepedulian untuk ambil bagian dalam pembangunan Kawasan Kepulauan Riau (KEPRI) pada umumnya dan Kota Batam pada khususnya, demi terwujudnya Kota Batam sebagai Bandar Dunia yang Madani.